Oleh: dhony sucahyo | 23 April 2017

ACCESS CONTROL SYSTEM ( ACS )

Access Control System ( ACS ) adalah pekerjaan yang tugasnya mengontrol setiap aktivitas yang berhubungan dengan keluar masuknya karyawan dalam sebuah perusahaan / tempat.

Sistem Access Control: Mencegah Orang tak Berkepentingan. Sebuah sistem access control yang baik dapat menghilangkan kemungkinan terjadinya tindak kejahatan internal dan eksternal yang bertujuan mengatur siapa dapat masuk ke mana dan kapan mereka dapat masuk.

Access control merupakan sebuah sistem yang mencegah atau menghalangi seseorang yang tidak berkepentingan masuk ke dalam sebuah ruangan atau fasilitas dan salah satu cara menurunkan kesempatan terjadinya tindak kejahatan.

Access control mempunyai beberapa fungsi yaitu: fungsi identifikasi, fungsi pemberi keputusan, fungsi kendali, dan fungsi pencatat.

  1. Dalam fungsi identifikasi, sudah berkembang berbagai bentuk identifikasi dari mulai nomor kode (PIN), penggunaan Kartu Proximity (sistem non-kontak yang dekat) sampai penggunaan bagian tubuh manusia (biometrik), seperti telapak tangan, sidik jari, retina mata, wajah, maupun pembuluh vena. Tentunya setiap bentuk identifikasi mempunyai implikasi yang berbeda-beda, seperti PIN yang mudah terbaca, peminjaman kartu, dan antrian yang panjang untuk identifikasi biometrik.
  2. Dalam fungsi pemberi keputusan, diperlukan perencanaan yang baik mengenai pengaturan untuk setiap orang. Semua data yang sudah disimpan akan memberikan keputusan bagi alat untuk memberikan wewenang/ijin memasuki ruangan atau tidak.
  3. Dalam fungsi kendali, setelah menerima sebuah keputusan, kunci elektronik yang terpasang akan membuka dan menutup pintu secara otomatis.
  4. Dalam fungsi pencatat, data yang telah dibaca oleh mesin identifikasi, adanya hasil keputusan, dan hasil kontrol akan dapat diketahui siapa yang masuk, kapan, dan dimana. Untuk lebih mengatur dengan baik, dapat ditambahkan perangkat lunak yang terhubung dengan perangkat komputer sehingga dapat dilakukan proses otomatisasi untuk manajemen kinerja dan perhitungan penggajian, yang berdampak dengan adanya penghematan, kepastian, dan percepatan dalam melakukan proses data personalia.

Sistem access control adalah solusi yang berorientasi pada keefektifan biaya. Tujuan dasar dari sistem ini adalah mencegah dan melindungi titik akses dari orang yang tidak dikenal. Access control adalah satu-satunya teknologi yang secara proaktif menjaga sebuah bangunan atau area di dalam sebuah fasilitas dari orang yang tidak dikenal, dan pelengkap yang tepat untuk sistem alarm dan CCTV. Ketiganya mampu diintegrasikan untuk memberikan sebuah sistem keamanan yang optimal.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: